Kopi banyak dikenal sebagai penambah energi atau melawan rasa kantuk. Padahal, ada banyak manfaat kopi lainnya yang baik untuk kesehatan. Untuk mengetahui beragam manfaat kopi, simak pembahasannya berikut ini.

Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji kopi yang dihaluskan. Kopi merupakan salah satu minuman paling populer. Di balik rasanya yang pahit, kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Beragam Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Manfaat kopi bisa diperoleh dari kandungan beragam mineral di dalamnya, seperti kalium, natrium, folat, dan magnesium. Tak hanya itu, kopi juga mengandung antioksidan riboflavin. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat kopi untuk kesehatan:

1. Menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir per hari dapat mencegah resistensi insulin dan menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Manfaat kopi ini diyakini karena kandungan kafein di dalamnya.

Namun, untuk mendapatkan manfaat kopi tersebut, usahakan agar tidak menambahkan gula atau pemanis tambahan.

2. Memelihara kesehatan otak

Minum kopi juga diketahui bermanfaat untuk memelihara kesehatan otak. Pada beberapa penelitian, konsumsi kopi mengurangi risiko terjadinya demensia atau pikun.

Untuk mejaga kesehatan dan fungsi otak, sebaiknya Anda juga memenuhi supan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur serta rutin berolahraga.

3. Mencegah penyakit Parkinson

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkafein, termasuk kopi, dapat menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi juga diyakini berpotensi membantu penderita Parkinson dalam mengontrol gerakan tubuh lebih baik.

4. Memelihara kesehatan liver

Ada berbagai penyakit yang dapat menyerang organ hati atau liver, seperti hepatitis, perlemakan hati, sirosis, dan kanker hati. Mengonsumsi dua cangkir kopi sehari diketahui bermanfaat dalam mencegah berbagai penyakit tersebut.

Bingung Cari Kopi Biji? KLIK AJA DISINI !!

5. Menjaga kesehatan jantung

Minum 1–2 cangkir kopi perhari diketahui berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung. Manfaat kopi ini diyakini berpotensi dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Meski demikian, manfaat kopi untuk menjaga kesehatan dan melindungi jantung dari penyakit masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

6. Mempertahankan berat badan ideal

Kopi hitam tanpa gula merupakan salah satu minuman yang mengandung kalori dalam jumlah yang rendah. Selain itu, kandungan kafein dalam minuman ini mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Karena manfaat itulah, kopi dipercaya bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan badan tetap ideal.

Manfaat kopi untuk kesehatan memang cukup banyak. Namun, kafein pada kopi juga bisa menimbulkan efek samping, seperti sulit tidur, dada berdebar, cemas, diare, dan peningkatan tekanan darah. Oleh karena itu, batasi jumlah asupannya dan hindari minum kopi sebelum tidur.

Selain itu, ibu hamil dan orang yang memiliki tekanan darah tinggi, menderita penyakit asam lambung, atau mengalami gangguan tidur juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi kopi.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat kopi untuk kesehatan atau memiliki kondisi medis tertentu yang berkaitan dengan keamanan mengonsumsi kopi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sumber : Ala Dokter

0 Komentar