CirebonRealty.com.   Pentingnya berinvestasi sedari muda kini semakin disadari oleh masyarakat terlepas dari latar belakang pendidikan maupun sosialnya. Pasalnya, investasi yang dilakukan sedari muda bisa membuka lebih banyak kesempatan untuk membangun finansial yang stabil di masa yang akan datang. Menabung saja kini dirasa kurang cukup karena sifatnya yang pasif. Salah satu investasi yang menjanjikan ialah investasi properti, seperti misalnya investasi tanah di daerah yang menjanjikan seperti Majalengka. Tentu saja harga tanah di Majalengka pun beragam dan harus dilakukan penggalian informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Mengapa memilih investasi tanah?

Selain Majalengka, tentunya ada banyak wilayah lain yang juga dapat menjadi ladang investasi yang menguntungkan asalkan kita bisa memilihnya dengan tepat. Namun sebelum itu, mungkin sebagian dari kita juga cukup penasaran mengapa tanah menjadi salah satu jenis investasi properti yang banyak dipilih. Maka berikut ini beberapa informasi tentang investasi tanah:

  • Kenaikan harganya yang naik

Salah satu alasan mengapa banyak masyarakat yang memilih tanah sebagai ladang investasi properti ialah karena nilai harganya yang semakin meningkat. Setiap tahunnya, harga tanah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bahkan kenaikan harga tanah bisa meningkat sebesar 20- 25% setiap tahunnya. Sehingga tanah menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan khususnya dalam jangka panjang. Ini karena jika kita berinvestasi tanah selama 4 – 5 tahun saja, maka harga tanah akan meningkat 2 kali lipat dari harga beli.

  • Faktor penentu harga tanah

Ada juga beberapa hal yang bisa menyebabkan harga tanah justru menurun bukannya naik. Jadi, tidak selamanya tanah yang kita investasikan mengalami kenaikan harga. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan harga tanah yang kita investasikan diantaranya bencana alam. Bisa juga karena pembangunan sarana fasilitas umum yang ternyata kurang ideal. Maka, investasi tanah itu menjanjikan jika dilakukan dengan benar.

  • Mengelola tanah untuk menambah nilainya

Tanah memiliki kelebihan sebagai bentuk investasi, salah satunya bisa ditambah nilainya. Caranya yaitu dengan memanfaatkan tanah sebagai instrumen untuk dikelola hingga nilainya bertambah. Misalnya saja dengan membuat area tanah kavling. Keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat. Ini karena rata-rata harga tanah kavling itu lebih mahal. Ini karena tanah kavling juga bisa untuk dijadikan lahan bangunan.

  • Dikelola menjadi usaha lain

Tanah juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang penghasil uang dengan dibangunkan usaha diatasnya. Tergantung dari jenis tanah yang kita investasikan, misalnya tanah pesawahan, tanah perkebunan, dll, kita bisa memanfaatkannya untuk lahan usaha tambahan. Misal untuk tanah perkebunan maka kita bisa memanfaatkannya sebagai kebun buah-buahan yang bisa dipanen nantinya dan menghasilkan pundi-pundi.

  • Investasi tanah lebih aman

Banyak yang bertanya apakah investasi tanah itu aman. Jika dibandingkan dengan jenis investasi lain seperti investasi saham, reksadana, ataupun emas, maka investasi tanah sebenarnya lebih aman. Ini karena risiko kehilangan yang kecil. Misal, investasi saham memiliki risiko pengurangan nilai yang membuat investasi hilang. Atau investasi emas yang risiko kehilangannya cukup besar karena ada berbagai hal seperti pencurian. Investasi tanah akan aman selama kita memegang bukti surat kepemilikan tanah.

Faktor yang mempengaruhi harga tanah di Majalengka?

Saat ini harga tanah cukup bervariasi karena ada berbagai faktor yang mempengaruhinya seperti kawasan atau lokasi tanah tersebut berada. Misalnya saja, tanah harganya akan lebih tinggi jika dekat dengan fasilitas umum. Untuk kawasan Majalengka, diketahui bahwa realisasi investasinya mengalami kenaikan khususnya di tiga tahun terakhir. Tentu saja hal ini tidak terlepas karena adanya pembangunan bandara BIJB (Bandara International Jawa Barat) Kertajati. Ini merupakan bandara kedua terbesar kedua di Indonesia setelah bandara Soekarno-Hatta di Jakarta. Berikut beberapa faktor yang menjadikan investasi tanah di Majalengka disebut menjanjikan:

  • Akses transportasi mudah

Selain dengan dibangunnya bandara BIJB, di Majalengka ini juga akan dibangun fasilitas transportasi umum lainnya seperti stasiun kereta api khususnya jenis LRT station. Fasilitas ini akan terhubung langsung dengan bandara BIJB sehingga lebih memudahkan mobilitas masyarakat kedepannya. Selain terintegrasi dengan bandara BIJB, LRT station ini juga akan terintegrasi dengan terminal dan stasiun kereta api di Majalengka. Inilah mengapa harga tanah di Majalengka di prediksi akan terus mengalami peningkatan.

  • Jalur strategis Jawa Barat

Investasi tanah di Majalengka dianggap menjanjikan karena dilalui jalur strategis Jawa Barat. Misalnya saja seperti Kertajati Aerocity yang berada dikawasan segitiga emas Jawa Barat. Ini karena adanya tol utama Palimanan dan Cisumdawu yang merupakan penghubung Kertajati Majalengka dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Sehingga sudah dipastikan ini menjadi peluang untuk harga tanah di Majalengka semakin meroket dan menjadi investasi dengan prospek yang menjanjikan.

  • Pusat umroh dan haji center terbesar di Indonesia

Kabarnya juga akan dibangun pusat umroh dan haji center terbesar se-Indonesia di Majalengka, berlokasi di kawasan Kertajati Aerocity. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan berhaji dan umroh yang tiap tahunnya semakin meningkat.

Dimana kawasan menjanjikan di Majalengka untuk investasi tanah?

Majalengka sendiri secara umum merupakan kawasan yang cukup menjanjikan untuk investasi properti termasuk investasi dalam bentuk tanah. Baik tanah yang nantinya akan digunakan untuk usaha lain yang sifatnya komersil maupun untuk kebutuhan tempat tinggal pribadi. Namun jika dilihat dari prospeknya sekarang ini, kawasan Kertajati tetap menjadi kawasan yang paling menjanjikan karena faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya diatas.

Ada berbagai jenis tanah yang bisa dipilih sebagai instrumen investasi di Majalengka baik itu berupa tanah biasa maupun yang sudah dalam bentuk kavling. Penting memang untuk menentukan jenis tanah seperti apa yang paling menguntungkan untuk berinvestasi terutama jika kita menargetkan investasi jangka panjang.

Harga tanah di Majalengka bervariasi ada yang dihargai ratusan ribu hingga jutaan per meternya. Untuk harga tanah pribadi relatif lebih murah namun hal ini kembali ke faktor-faktor lain yang mempengaruhi nilai tanah, khususnya lokasi dan kondisi sekitar. Sebelum melakukan investasi, sangat disarankan untuk melakukan riset misalnya dengan mencari informasi yang lengkap dari berbagai sumber terpercaya. Bisa juga dengan berkonsultasi pada ahlinya dibidang investasi properti. Ini karena investasi tanah bukanlah investasi murah.

Apakah harga tanah di Majalengka sebanding dengan prospeknya?

Jika dilihat dari peluang keberhasilannya, investasi tanah di Majalengka bisa dibilang cukup menjanjikan. Seperti yang dikatakan salah satu faktornya ialah karena adanya bandara BIJB Kertajati yang mempengaruhi nilai investasi di Majalengka baik dari segi investasi properti hingga pariwisata. Investasi tanah di Majalengka bisa menguntungkan jika kita melakukannya dengan benar dan teliti dengan melakukan perhitungan yang seksama sedari awal. Dengan begitu, harga tanah di Majalengka yang kita beli nantinya sebanding dengan keuntungan yang diraup beberapa tahun yang akan datang.

0 Komentar